Minggu, Januari 11, 2009

bukan ULTRAMEN

8 Januari 2009

Semaleman aku dari warnet. jam 8 pagi aku pulang, tapi sebelumnya musti mampir di kost adiknya cewekku. ada yang mau dititipkan katanya. Hmm.. ternyata sebuah STNK yang sebenernya seminggu yang lalu kebawa di dompetku. So.. akhirnya aku ambil STNK tersebut trus nagcir ke rumah buat mandi.

Sebenernya udah dari kemaren aku rencanain berangkat ke Surabaya. bedanya, kali ini sebenernya aku udah dilarang buat ke Surabaya, aku sih pengennya bikin surprise sekalian nganter STNK.

Jam 9 pagi aku berangkat dari Malang naik motor. bensin udah aku isi full tank dari kemaren. Ditemani mp3 di HP aku ngacir ke Surabaya dengan gagah berani tanpa rasa ngantuk sama sekali.

Surabaya ga begitu macet kayak biasanya. sampe di rumah ncek jam 11. aku telpon dia seolah-olah aku ada di Malang. Namanya juga sureprise, tapi aku kan juga perlu memastikan apakah dia di rumah ato gak. ternyata dia di rumah.

Rencananya aku mau anter ncek interview trus ajak ncek ke pizza hut, dia lagi pengen banget pizza, makanya aku pengen memanjakan dia. well... setelah aku kasih tau bahwa aku ada di luar rumahnya, ncek(panggilannya) sedikit kaget. dia suruh aku masuk rumah dan menunggu di ruang tamu sedangkan dia mandi dulu. (yah.. ketauan deh kalo ncek mandinya siang-siang...hihihihhihi...).

mmm...kira-kira 40 menit aku nunggu ncek mandi dan ganti pakaian. aku tawari dia buat anter interview dulu tapi ncek ga mau, alasannya ga siap kalo mendadak kayak gini. mending lain kali aja. (interview ini maksudnya memasukkan lamaran kerja dan langsung interview seketika itu juga). akhirnya ncek minta langsung ke Pizza aja.

Baru mau berangkat, mendung menggantung di langit Surabaya sudah bersiap-siap untuk membasahi Rungkut. kita sempet mikir, berangkat apa gak ya enaknya..?? setelah kita sepakat untuk memutuskan berangkat, tiba-tiba hujan lebat sudah membasahi rungkut dan sekitarnya. diiringi guntur bersahut-sahutan bikin nyali kita pada ciut. so.. akhirnya kita ngobrol aja di ruang tamu. Tapi ternyata hujan tak kunjung berhenti sampai jam 4 sore.

Jam 4 sore aku memutuskan buat balik ke Malang. aku musti balik saat itu juga, takut kemaleman dan stamina yang sudah mulai menurun, maklum aja semaleman belom tidur trus ke Surabaya naik motor pula..
Hujan lebat musti aku terjang. Topan badai tak boleh menghadang, banjir bandang.. mmmm... mungkin bisa menghadang kali yee...

Ternyata bener, rungkut melaut... alias nyaris seperti laut atau banjir. lumayan tinggi sih. setengah betis. beberapa motor mampus dengan sukses. air banjir masuk melalui knalpot. ditambah lagi macet. beuh... jadi susah buat kemana-mana. Motorku udah aku coba gas sekenceng-kencengnya biar air gak masuk ke knalpot, tapi usahaku sia-sia belaka. motorku juga mampus dengan damai. musti didorong ke pinggir jalan biar ga menghalangi kendaraan lain yang masih gagah menerobos air bah. ASSSEEMMMM....!!!!!! kali ini aku ngalah... fine...it's ok... awas lain kali ya....!!!! kalo banjir lagi akan kubalas kekalahanku dengan dorong motor lagi, mungkin lebih kenceng dorongnya... huhuhuhuhu....

Kegiatan dorong-stater-dorong-stater berlangsung kurang lebih 2 jam sampai akhirnya aku berada di tempat yang gak kena banjir. aku panasi motor dulu sampe airnya udah tinggal sedikit di karburator dan knalpot. motor udah lumayan sehat. paling ga, bisa buat agak ngebut lah.. secara jarak ke malang masih 2 jam lagi.

Aku keluar dari rungkut jam 6 pas. dan perjalanan ke Malang masih 2 jam lagi. Surabaya macet total. mobil cuma bisa merayap di aspal, motor cuma bisa mepet-mepet di bahu jalan sambil berharap ada celah diantara kendaraan yang lain. Staminaku sudah tinggal 20%. Ibarat HP cuma bisa dipake sms-an aja. tapi aku paksa berkerja lebih keras. Diatas aspal Surabaya yang macet, mataku udah mulai pedes, berat, dan burem. ketambahan lagi langit udah gelap. Lampu-lampu Surabaya udah mirip kunang-kunang di mataku. semua nyampur dan berlarian kesana kemari. Cuma hujan yang bikin mataku sedikit bertahan.

Sampai di kota Pandaan hujan mulai berhenti. meskipun belum berhenti total tapi lumayan bisa buat lihat jalan raya. beberapa kali aku menepi tanpa kusadari. aku cuma pura-pura ngecek sesuatu pada motor, padahal sebenernya motorku yang miring-miring dan tiba-tiba udah gak berada di aspal lagi. hehehehe... ngantuk berat eui...

Beberapa truk dan bus lalu-lalang menemani perjalananku waktu itu. aku lihat di balik langit berwarna ungu muncul raksasa mengerikan. dia berdiri tepat beberapa kilometer di depanku. teriak-teriak seolah-olah ingin meneror warga Pandaan. beberapa pabrik di situ dirusaknya tanpa ampun. Bis-bis serta truk semuanya ditendang hingga kocar-kacir. Naluriku menuntunku untuk menyelamatkan warga yang tak bersalah. Aku mencoba mencari tempat untuk berubah menjadi Ultramen, tapi masih agak susah gara-gara banyak oarang berlarian kesana kemari. aku ga mungkin begitu aja berubah di depan banyak orang, takut identitasku ketahuan.

Akhirnya aku menemukan sebuah tempat untuk berubah. sebuah gubug kecil di pinggir jalan. aku berhentikan motorku trus segera masuk di gubug tersebut. Aku masuk di gubug kecil tersebut malah isinya bapak-bapak yang sedang mabuk-mabukan sambil joget-joget gak jelas diiringi lagu dangdut. ADA APAAAA INI....???? di luar sana banyak orang berhamburan panik tapi di dalam sini malah asik-asikan joged-joged. wah...

Akhirnya aku memberanikan diri untuk membuyarkan acara joged berjamaah ini. baru aku mau berteriak membuyarkan acara ini, tiba-tiba pandanganku berubah menjadi sebuah bison (kendaraan mini bus angkutan Gempol-Malang;-red). Wah.. ternyata itu tadi cuma mimpi, dan aku sekarang berada di atas motorku dengan kecepatan 80 km/jam hampir menabrak bison. Rem depan udah aku tarik kenceng, rem belakang udah aku injek pol, tapi motor udah terlanjur kenceng, ditambah lagi jalan yang agak licin akhirnya motorku berhasil mencium bemper bison dengan sukses tanpa hambatan.

Ban depan motorku nancep di bemper bison dengan lega. Aku ditolong oleh beberapa orang di area TKP. untungnya sopir Bison gak menuntut apa-apa, secara aku yang salah. bison udah berhenti dari tadi malah aku-nya yang kePEDEan nyeruduk pantat bison.

Setelah bison pergi, aku lihat kerusakan motorku. selebor depan rusk total. dada motor juga rusak. sayap kanan-kiri juga pecah. akhirnya semua yang rusak itu aku lepas paksa dengan tangan kosong. bisa dibilang, bagian depan motor gundul total.

Perjalanan menuju Malang aku lanjutkan kembali setelah aku berpamitan ke orang-orang yang tadi menolong aku. aku sadar betul bahwa motorku ga kenapa-kenapa. cuma bodi motor aja yang pecah. baru beberapa meter, motor bisa aku kebut lagi. ternyata baru aku sadari, tanpa selebor depan itu gak nyaman. ban yang basah karena hujan melemparkan air dan kerikil ke depan motor, tapi kecepatan motor membuat air dan kerikil tersebut berbalik arah ke mukaku. wah... ini bener-bener bikin gak ngantuk lagi, cuma jadinya malah susah melek gara-gara mata terus aja kelilipan sepanjang jalan. kaca hlem aku tutup juga malah gak kelihatan gara-gara kotoran jalan yang menempel. akhirnya aku naik motor dengan kecepatan yang biasa, ga terlalu cepet, meskipun masih aja dihujani air dan kerikil dari ban depan. tapi kali ini aku akali dengan memiringkan badanku agar mukaku ga terkena langsung oleh kotoran dari ban tersebut. meskipun gak nyaman, tapi mau gimana lagi?

Sesampainya di Malang, aku lihat diriku di cermin sambil mesem. mukaku mirip tentara yang perang yang mukanya dicemong-cemong lumpur biar gak ketahuan musuh. atau mungkin mirip badut yang make-upnya gak rata. ah... yang penting semenjak ban depan ga ada slebornya, aku gak ngantuk lagi dan ga terjadi kecelakaan yang lebih parah dari nyeruduk pantat bison tadi. dan aku gak perlu melawan monster raksasa sehingga harus berubah menjadi ULTRAMEN yang notabene pakaiannya serba ketat itu. bisa-bisa warga Pandaan lebih panik lagi melihat super hero-nya sedang mengapit kapal selam kemana-mana.

Tidak ada komentar: