Sabtu, Januari 31, 2009

Hape Idaman Penuh Cobaan

Satu-satunya barang yang buat aku tergolong mahal dan aku peroleh dengan hasil keringat sendiri adalah HP. HP ku kali ini aku beli seharga 2 juta-an. Dengan sistem kredit selama 10 bulan. Sebuah HP yang bisa dibilang jadi impianku waktu itu. HP seri musik dengan dilengkapi kamera 2 MP serta koneksi infra red dan bluetooth serta kabel USB. Wah.. pokoknya HP idaman pada masanya lah.


Bulan-bulan pertama HP aku jadikan barang kebanggaan. Ada ataupun gak ada sms tetep aku baca. Sok-sokan baca aja. Padahal yang dibaca wallpapernya. Ada-gak ada telpon juga aku tenteng deket telinga. Padahal dengerin musik. Gak enak kalo pake headset. Dikira cuma dengerin musik aja. Kalo langsung di tenteng deket telinga kan dikira punya banyak pulsa. Padahal mampunya beli pulsa yang 5 ribuan aja.


Bulan-bulan berikutnya aku sok-sokan gaul sama anak-anak yang saling tuker lagu mp3. Aku minta aja di bluetooth padahal lagunya juga aku gak kenal, apalagi suka. Yang penting gaya sambil pamer dulu, lihat file belakangan. Lagu udah aku terima. Gak bagus-bagus amat. Abis aku puter langsung hapus. Aku lihat di file manager lagu tersebut udah berhasil aku hapus. Tapi ada satu file yang gak kebaca. Aku lihat besarnya file cuma beberapa kilo aja. Kayaknya gak penting. Aku hapus juga. Aku keluar file manager kembali ke modus HP biasa.


Sampe di rumah, aku coba lihat-lihat file di HP. Ya gambar-ya musik. Tapi ada file yang aku hapus tadi. File yang cuma beberapa kilo aja. Weh... bukannya ini file udah aku hapus tadi. Ah.. mungkin aku yang lupa. Aku hapus lagi, ilang deh file nya. Kali ini aku yakin file udah ilang. Aku keluar dari folder musik masuk ke folder gambar. Udah puas liat gambar yang aneh-aneh, masuk lagi ke folder musik buat dengerin musik. Naif. Baru mau nyari folder lagunya Naif,tiba-tiba file itu nongol lagi. KAMPREETT...!!! ini file bandel amat. Udah di usir masih gak mau hengkang dari HP. Aku delet lagi. Ilang lagi. Keluar folder, masuk folder, nongol lagi. ASEEEMMM....!!!!! ini file main petak umpet sama yang punya HP.


Sore itu aku konsul sama temenku. Dia bilang ini Virus. Walah...!!!! ketularan siapa dia? Dia gak bersetubuh dengan HP laen yang monitornya meler dan bersin-bersin kok.


“Abis Bluetooth-an ya lo..??” tanya temenku,

“Iya.. tadi pagi. Cuma minta file lagu mp3 kok. Gak minta virus.”

“DODOL....!!! ya lagunya itu bawa Virus... tapi tenang aja kok. Lo gak usah hawatir.”

“Aku musti ke apotik mana? Beli obat apa? Perlu nginep di rumah sakit gak? Di suntik gak? HP-ku takut di suntik kayanya..?”

“Hehehehe... Goblog.... yang ada lo kalee yang takut di suntik.. iya kan...?”

“Eh.. i-iya.. kok tau..?”

“Halah...!!! gak pake berobat kayak gitu kalee....!!! lo bawa kabel data gak?”

“ba-bawa... bawa kok...”

“kesiniin HP en kabel data lo... biar gue scan pake antivirus komputer gue.”


Sore itu HP-ku terselamatkan dari Virus jahanam. Tapi kata temenku gak terlalu berpengaruh sih. Katanya HP-ku gak ada sytem operasinya, jadi Virus gak bisa beroperasi di HP itu. Dia cuma bisa hidup di HP ber-System operasi atau di komputer, gitu sih katanya. Aku sendiri juga gak tau.


Pada bulan November-Desember 2007, aku dan temen-temen dipercaya menghandle sebuah even tentang Fotografi di kota Batu. Ditunjuk langsung dari dinas pariwisata kota batu, aku dan seorang temenku memimpin pameran tersebut. Demi menjaga kepercayaan, aku selalu berusaha hadir di setiap panggilan untuk ke kantor dinas pariwisata, meskipun harus berhadapan langsung dengan hujan deras dan badai kabut dan aku tergolong dalam kategori manusia anti jas ujan. NO WAY TO THE RAINCOAT...!!!! selain males beli juga kayaknya gak praktis.bongkar jok pake jas, ujan reda lipet lagi, ujan lagi bongkar lagi.. lagi... dan lagi....!!! HALAH.....!!!! MALES DEEHHH.....!!!!!


Waktu itu hari jum’at. aku musti dateng ke kantor Dinas Pariwisata meskipun ujan lebat. Sampe di kantor din-par aku lepas jaket basah dan sepatu. Aku jemur bentar. Paling gak agak kering dikit daripada kayak swampthing masuk kantor din-par basah kuyub. Lepas jaket aku baru nyadar kalo HP-ku ada di kantong jaket. Walah.. Layar HP-ku yang harusnya gambar pendekar jadi gambar tuyul dalam akuarium. Merem-melek monitornya trus mati dengan sukses. Oh..My GOD...!!! yes..My GOD..... HP-ku gak bisa bernapas dalam air. Dia gak punya insang. Kelagepan kehujanan trus mati tanpa baca dua kalimat syahadat. Aku jadi merasa berdosa.


Udah lah... intinya setelah hari itu HP-ku bisa selamet. Dia bisa hidup berkat bantuan Dragon Ball.. HALAH...!!! gak lah...!!! berkat di jemur. Pas kegiatan pameran Fotografi HP-ku bisa di operasikan dengan normal. Tapi gak untuk kamera-nya. Kamera HP-ku mati total. Gak bisa di pake sampe sekarang. Waduh...!!!! aku cuma bisa pasrah. Semoga ini hanya mimpi. Aku gampar temenku, dia kelojotan. Ternyata ini kenyataan. Setelah sadar bahwa ini kenyataan, giliran aku digampar dengan kecepatan tangan 12 knot. Seketika mata berkunang-kunang.


Selama seminggu lebih kegiatan pameran dilaksanakan. Selesai kegiatan tersebut, kamera HP-ku masih lumpuh, tak berfungsi. Bulan-bulan berikutnya mulai ada masalah dengan headset. Kabel udah kau colokin tapi kadang terkoneksi kadang gak. Kalo dipake dengerin mp3 penyanyinya jadi gagap. Mungkin dampak kehujanan beberapa bulan lalu masih ada. Buktinya penyanyinya masih keseleg air hujan.


Sebulan kemudian terjadi cobaan lagi, dan ini yang paling tragis. Kayaknya HP-ku memang sedang dirundung malang tak berkesudahan. Seperti ada kesalahan di lempeng koneksi untuk charger. Tiap aku charge HP-nya gak mendeteksi adanya listrik mengalir. Aku cabut-colok-cabut-colok-cabut gak ada respon. Atau HP-ku yang udah gak respon sama aku. Mbuh lah.. tiba-tiba terlintas ide busuk. Kalo koneksi terganggu, pasti bisa di bantu dengan air. Maksudnya, listrik kan juga bisa bekerja di air, atau mungkin aku yang kebalik, air kan bisa menghantarkan listrik. TING...!!! ide busuk yang cemerlang. Tapi kondisi lagi nge-charge HP di kamar males ke kamar mandi ambil air. Udah terlalu dingin. Yah.. akhirnya pake air ludah. HP-ku selamat malam itu. Baterai bisa di-charge.


Hari-hari berikutnya juga gitu terus sampe satu bulan lebih. Tiap nge-charge musti di jilat konektornya. Jadi kecanduan tiap malem. Mentang-mentang jigongku gurih si HP jadi keterusan. Aku juga jadi keterusan. Minggu-minggu terakhir bibirku sariawan. Akhirnya aku sadar satu hal bahwa konektor HP tidak mengandung vitamin C yang cukup sebagai pengantar tidur.


HP yang aku selalu bangga-banggakan jadi bergantung terus sama aku. Gak bisa mandiri atau bahkan menolong setiap kebutuhanku. Tapi meskipun bagaimana HP ku ini gak mungkin aku jual. Ini adalah sebuah pengalaman perdana aku kredit barang mahal. Dan lagi banyak kenangan dimana aku melalui hari-hari yang sulit ketika gak ada uang maupun bersenang-senang disaat pameran. Pokoke I LOVE MY PHONECELL lah....

Tidak ada komentar: