Selasa, Juni 17, 2008

Dilema buat Adekku.

Buat para cowo, khitan atau biasa yang kita kenal sunat adalah masa yang sangat indah. kenapa indah? ya itu adalah salah satu masa dimana kita bisa mendadak kaya tanpa perlu menunggu harta warisan. ulang tahun..?? kalah kaya... khitan bisa lebih kaya. waktu ultah aja aku ga bisa mendapatkan harta lebih dari 100 ribu jaman itu, tapi waktu khitan aku bisa dapet SEGA. video game paling populer waktu itu. pokoke mewah jaman itu lah..

cerita ini terjadi sewaktu aku SMP. waktu itu aku libur panjang. waktu yang tepat untuk khitan. bisa istirahat lamaaaa.. bahkan berhari-hari.. aku berangkat dari cepu dengan kedua ortu ku. naik bis antar kota. di setiap keluar kota naik bis, aku selalu minta dibelikan makanan sebagai pengganjal perut. kali ini aku minta dibelikan telur puyuh. salah satu jajanan favorit masa kecil selain onde2. aku minta dibelikan 2 bungkus. setiap bungkusnya berisi 4 telur. wah.. aku punya delapan telur.. gak semua cowo beruntung punya delapan telur... (apaan seh..)

Setelah sampai di Malang. aku segera menyiapkan jasmani dan rohaniku menghadapi hari2 yang mungkin berat nantinya mengingat beberapa hari ke depan ada bagian dari diriku harus menghilang. tiap malam aku selalu menyempatkan untuk mengamati "adek"-ku yang suatu saat bakal berubah. aku hapalkan tiap detailnya karena beberapa hari kedepan aku bakal bertemu dengan "adek" berwajah baru dengan tampilan lebih garang. (weleh...) dari kutilang jadi rajawali.. wehehehe...

Hari "S" tiba. (gak aku tulis hari "H", kan ini acaranya sunat, bukan hunat). pagi hari jam 5 aku sudah bangun dan mandi sendiri. berangkat ke tukang jagal burung jam 5.30 pagi. kayaknya prosesi penjagalan gak perlu aku ceritakan deh. cukup aku kasih tau aja kalo rasanya mak nyuuss...

jam 7.30 aku sudah berada di rumah. rasa sakit akibat penjagalan belum menyerang. aku aja pulang dari tempat penjagalan naek motor pake celana jeans. gak ngrasa apa2. di rumah aku sudah disambut meriah oleh sanak saudara bagaikan raja. dipakeikan sarung trus disediakan tempat istimewa di kamar. beberapa jam kemudian sega masih gress datang. fresh from di oven seperti adekku. seharian aku maen sega bersama adek2 ku yang beneran, gak mungkin aku maen sega bareng "adek"ku yang satu ini. dia gak punya tangan. makan disediakan dan dimanja seperti raja. beberapa hari kedepan seperti itu. gak ada beda.

Hari ke tiga ada yang beda, sodara2 sepupuku mulai jarang mae sega bareng aku. katanya ada bau tak sedap di kamarku. yang bikin sakit hati ada yang bilang kalo jangan2 "adek"ku busuk.. ASSEEMM....!!!! BUSUK DARI MANA...!!! ADEKKU BAEK2 AJA..!! MASIH TAMPAN..!!!!
katanya ada bau busuk di kamarku. KAMPREEETT...!!!! "JAGOAN"KU JADI KAMBING HITAM...!!! KAMBING LO PADA...!!! "JAGOAN"KU GAGAK HITAM BAHLOL...!!!!

Sepupuku yang lebih tua akhirnya gak tahan. dia cari2 asal bau gak sedap itu. mulailah program bersih2 kamarku. aku pura2 adem ayem gak ada apa2. sok cuek karena marah. gile aje.. "adek"ku juga merasa terhina. terbukti waktu itu dia kisut memilih sembunyi karena malu. tapi cuma waktu itu aja. sekarang dia jauh lebih tegar menghadapi apapun. Sepupuku menemukan titik terang dari pencariannya, bukan ding.. titik gelap karena ketemunya di tempat gelap. bau itu muncul dari balik tumpukan baju. disitu aku lihat ada jaketku yang beberapa hari gak aku pake. waktu di ambil, beuh... baunya naudzubile.... busuk buangeeettt..!!! waktu jaketku dilempar keluar aja langsung diserbu paparazi berbadan laler. weh..

"Walah... yang busuk bukan burungnya bayu..!! tapi telornya bayu...!!"
"KAMPREETT....!!! TELORKU GAK BUSUK...!!!" teriakku ke kakak sepupu.
"Maksudku ini ada telor puyuh busuk di jaketmu ndul...!!!"
"walah...!!!"

Akhirnya misteri terjawab sudah. sempet kepikiran juga kalo "adek"ku bakal bisa busuk. tapi pikiran busuk itu musnah sudah. akhirnya "adek"ku gak lagi jadi kambing hitam. tapi jadi kambing jantan.. tegar menghadapi cobaan..!!!
sip lah pokoke..!!

Tidak ada komentar: