Rabu, Juni 11, 2008

Rasa Ini Membunuhku

Pernah denger gak lagu dari D’Masiv yang judulnya Cinta Ini membunuhku? Lagu yg bercerita tentang rasa cinta tak tersampaikan yang tak tertahankan hingga bisa membuat si yg punya cinta tak tersampaikan ini ingin mati saja. Sama denga rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu yang terlalu besar juga membuat para hantu penasaran bergentayangan sampai akhirnya arwah mereka bisa tenang setelah mengetahui rahasia yang dicarinya selama hidup.

Cerita ini terjadi di bulan Juni 2008. (lho barusan dong) iya adek-adek. Cerita ini memang barusan terjadi. Sebagai seorang freelancer, penghasilan minggu ini lagi gak bagus. Apalagi duit di atm juga lagi sepi. Gak mau beranak banyak. Masih saja terpentok pada angka 20 ribu saja. Gak bisa diambil. Minggu2 itu hampir bikin hidupku berakhir saja. Susah beli bensin, susah cari makan. Di dompet tinggal 10 ribu. Mau beli bensin 6ribu sisa 4 ribu gak bisa makan. Beli makan gak bisa beli bensin. Tapi untung saja di kota ini aku punya sodara, jadi makan bisa numpang. Hampir menjelang malam minggu belum ada kejelasan financial. Belum ada tanda-tanda bahwa aku berhak dan wajib hibernasi di kamar atau cuci mata dengan duit yg datang tiba2.

Eh.. bener aja, jam 5 sore ada duit datang tiba2. 90 ribu cukup bwt bertahan hidup seminggu. 40 ribu langsung aku pake buat bayar utang pulsa yg udah nunggak dua minggu lebih ke temenku. Duit tinggal 50 ribu plus sisa duit di dompet 10 ribu jadi 60 ribu.. Karena agak kalap aku belikan bensin 20 ribu biar kalo ada apa2 motor tetep bisa ngepul n nganter aku kemana2. Sisa 40 ribu. Aku segera hubungi temenku si monyet untuk hangout bareng di sebuah cafe lumayan cozy. Tiap ada duit kita pasti kesono sampe jam2an cuma minum kopi aja. Selain harganya gak mahal2 amat, suasanannya nyaman buanget. Ada games sampe meja biliar gratis.

Aku sempetin ke laundry coz banyak cucian yang yang membusuk di kamarku. di laundrian aku taruh cucian n bisa bayar besoknya. harganya lumayan. 14 ribu. kemudian lanjut ke petualangan utamanya, ke cafe. Sesampainya di sono aku langsung disodori buku menu. Biasanya aku n monyet pesen makan juga, tapi mengingat masih resesi ekonomi pesen minum aja udah mewah buat kita. Budget yang diperkirakan gak sampe 10 ribu coz setahuku itu minuman paling mahal di sono. Adapun yg lebih mahal gak sampe 15 ribu.

Tiba-tiba si monyet lihat di papan tulis tergantung ada menu baru. Vanilla Capuchino n satunya aku lupa. Pokoknya ada beri-berinya. Tapi bukan daging domba dodol..!! katanya sih ada rasanya bluberry gitu deh. Rasa ingin tahu dan hasrat mencoba sesuatu yang baru sangat kuat di hati. Daripada aku gak pernah nyoba n jadi hantu penasaran kalo dah wafat ketika aku tua n kaya raya, akhirnya aku pesen Vanilla Capuchino n monyet pesen minuman beri-beri itu.

Waktu kuhabiskan bersama monyet main stacko uno n billiar. Sampe akhirnya waktu menunjukkan jam 11 malem. Dah waktunya cuci kaki trus bobok. TAPI BUKAN BOBOK SAMA SI MONYET..!!

Monyet minta bill ke mbak pelayannya n aku lihat dia sempet syok.

“Mbak, ini gak salah ya? Meja... oh iya..eh..bener kok. Maap mbak. Tapi minuman saya yang mana ini?” Tanya monyet ke kasirnya.

“Yang itu mas...”jawab kasir sambil nunjuk ke tulisan baris pertama di billnya,”karena mesin kasirnya belum nyatet harga baru minuman itu maka kita ganti pake nama yang laen yang harganya sama. Itu harganya sama kok mas. Ya segitu.”

“oh...” jawab monyet lemes.

Monyet balik ke meja tempat kita tadi. Tiba akhirnya kita mendiskusikan suatuhal yang sangat krusial, masalah financial. Duit..duit..

“bay..lo tadi pesen Vanila Capuchino kan? Mampus aja lo..!!”

“Knapa nyet?” firasatku gak enak. Seperti mama Laurent yang mendadak mendapatkan Penglihatan buruk.

“Duit lo brapa bay?” tanya monyet meragukan kekayaanku.

“KAMPRET...!!! emang berapa duit sih..??ha..ha.??” tanyaku sok kaya.

“Serius lo bawa duit brapa? Katanya lo lagi resesi ekonomi?”

“Duit tinggal 38 ribuan lah. Ada juga recehan buat parkir. Knapa emang?”

“Sukur deh, minuman busa lo itu 22 ribu bay.”

“APAAA..?? sini liat aku bill nya!!!” bentak aku ke monyet.

Kampret bener dah. Akhirnya aku mengerti satu hal lagi. Cafe itu ada resep minuman baru yang harganya lebih dari 15 ribu. Vanilla Capuchino dan minuman Beri-berinya si monyet. Minuman beri-beri gak jelas rasanya itu dibanderol 16 ribu.

Rasa penasaran itu terjawab sudah. Yang ada sekarang rasa ingin tahu itu bisa membunuhku. Satu minggu kedepan kalo gak ada order, bisa-bisa aku cuma pegang duit 16ribu. Itupun kepotong laundrian 14 ribu yang harus ditebus besoknya.

YAAAHHH... TINGGAL 2 RIBU DAH..!!!! BUAT SEMINGGU LAGI...!!!

AAARRRRGGGHHHHHH.....!!!!!!

Tidak ada komentar: