Minggu, Juni 22, 2008

Salah Pasien

Alam di dunia ini memang di bagi menjadi dua, alam nyata dan alam gaib. memang ada beberapa orang yang gak percaya kalo alam gaib itu bener2 ada. Aku pernah mengalaminya sendiri. peristiwa ini terjadi beberapa tahun yang lalu. waktu itu aku dan temen2 ada kegiatan TKI MAI. Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur se-Indonesia. kebetulan Rayon 5 yang merupakan Propinsi Jawa Timur sedang menjadi tuan rumah. kegiatan dilaksanakan di kota Malang. jadi institusi2 di Malang yang ada jurusan teknik Arsitekturnya ber-Sibuk2-ria menjadi panitia penyelenggara kegiatan. Tapi dari Surabaya dan kota lain di Jatim juga jadi panitia lho.

Kebetulan yang lainnya adalah waktu itu kampusku ditunjuk sebagai tempat menginap. Aula kampusku menjadi sasaran empuk bagi panitia untuk menampung manusia2 perantauan dari daerah lain yang mengikuti kegiatan tersebut.

Aku pada waktu itu masih sangat baru dalam hal beginian. aku diwajibkan masuk dalam kepanitiaan. aku juga gak bisa janji bisa hadir di setiap kegiatan karena waktu itu aku udah kerja. (Weleh...). Temen2 ku tau itu dan mengerti kok, jadi aku di taruh di posisi yang gak terlalu sibuk. aku mah oke2 aja.

Besoknya aku baru tahu kalo aku diletakkan di posisi kesehatan. Tugasnya memang gak terlalu sibuk, tapi itu kalo gak terjadi apa2 sama peserta n panitianya. Walah.. pengalaman menyelamatkan orang dari penyakit dan serangan kesehatan mendadak belum pernah ada di kamus ku. aku cuma pernah menyelamatkan bebek berenang yang kukira ayam lagi tenggelam. itu aja. itupun diluar itungan aku sebagai Spiderman lho ya.. Spiderman aja gak bisa ngasih napas buatan ato oles2in balsem kalo ada yang masuk angin. Tapi nama udah tertulis di kepanitiaan. oke lah.. mungkin ini adalah salah satu batu loncatan aku untuk mengembangkan karirku sebagai Spiderman itu gak hanya menolong orang menyebrang jalan aja, tapi juga ngasih obat Maag kalo ada orang lagi sesek napas. itupun aku sambil berdoa, semoga manjur.

Hari2 pertama aku lalui seperti jalan2 aja ke tempat kegiatan. maklum, kegiatannya ada di beberapa tempat dan semuanya menarik. aku mondar-mandir sok sibuk padahal mau tebar pesona diriku yang notabene serba minim ini. Cakep nggak, kaya nggak, keren nggak, berotot sih iya, tapi masih mbleber2. gak seksi...

Sampai pada suatu malem aku pas nginep di kampus. giliran sama temenku. aku juga janjian sama temen2 ku yang laen buat nemeni aku nginep di kampus. Kebanyakan tiap malem, temen2 yang nginep di kampus gak pada langsung tidur. yang cewe2 arisan, yang bencong2 sharing alat make up yang terbaru, yang cowo2 sharing alat kontrasepsi tercanggih dan ter aman. YA GAK LAH...!!!! yang cowo2 biasanya bakar singkong di lapangan parkir belakang sambil ngobrol dan ngopi.

Temenku yang se-kelas sama aku cuma bisa datang satu orang aja. itupun datang jam 12 malem sambil panik mendekati aku. dia jongkok di sebelahku sambil membisikkan sesuatu.
"Heh.. bay... Disini kan gak boleh bakar singkong. bisa bahaya.."
"HAH...Apaan seh.. emang gak boleh knapa?"
"Eh..kamu belom tau ya kalo bau singkong yang dibakar di sini bisa manggil penghuni gedung sebelah sama pohon gede yang di deket studio itu."
"Halah.. masa iya sih?"
"Yeee... kamu gak percaya ya udah. yang penting ati2 aja"

Percaya gak percaya aku mah ho'oh2 aja. setauku cuma bau kemenyan bakar yang bisa panggil setan, ini kok singkong bakar. jangan2 roti bakar dan jagung bakar juga bisa manggil setan? ato setannya emang laper n dah lama gak makan singkong, roti n jagung bakar? wah..Embuh lah...

Salah satu dari kita yang ada di sekitar kayu bakar pamit mau ke kamar mandi. dia mahasiswa dari rayon lain yang merupakan peserta juga. dia meninggalkan barisan dan meninggalkan lapangan upacara. upacara seserahan sesajen... HALAH...!!!

Satu jam anak tadi gak balik2. panitia yang lain mulai panik. dicari di Aula dan tempat lain gak ketemu. dicari di setiap kamar mandi gak ada. kalo keluar gak mungkin, pager kampus di jaga Mirdan, temenku yang bertugas di keamanan. katanya gak ada yang keluar masuk malem itu. Panitia semakin panik ketika semua temen2 yang lain nyari sambil teriakin nama anak tadi muterin kampus kayak nyari anak ilang di hutan.

Akhirnya tu anak ketemu. dia di deket mushola. dan aku baru inget, mushollanya juga deket studio. berarti juga deket pohon gede yang diceritain temenku tadi. weleh.. waktu ditanya2 tu anak cuma bilang abis pipis dari kamar mandi trus solat malem itupun gak sampe lima menit. GAK SAMPE LIMA MENIT GIMANA..??? DIA NGILANG SEJAM LEBIH DAN ANAK2 YANG LAIN PANIK DIA CUMA BILANG GAK SAMPE LIMA MENIT... Anak2 yang lain gak percaya, dia malah berani sumpah2 kalo dia cuma ninggalin kayu bakar gak lebih dari lima menit. walah.. ni anak ada yang sembunyiin tadi. dari pengakuan temen2 yang lain juga di musholla tadi gak ada orang blasss, termasuk juga di setiap kamar mandi. wah.. ni anak gak bo'ong..

Oke lah... waktu itu langsung kita lupakan kejadian mistis itu. Kita balik ke api unggun kecil yang dipake bakar singkong, tapi acara bakar singkong dihentikan. diganti bakar kingkong. masalahnya kingkongnya yang gak hadir malem itu. dia lagi absen, ada sanak famili datang. namanya Tarzan.

Malem semakin dingin. eh bukan, udah pagi ding. jam 2.30 pagi. anak2 yang lain udah gak betah di luar. semua mulai pada masuk ke Aula. aku juga. aku memilih sofa empuk di sekertariat. salah satu ruang di aula yang dipake sekertariat emang lebih anget dari tempat laen. baru mau merem, dari ruang aula ada yang teriak2. Walah..ada apa lagi ini pikirku. kata salah satu temennya sih Maag nya kambuh. aku jadi panik. aku ini panitia bagian kesehatan tapi di tasku cuma dimodalin Betadin sama Hansaplas. Masa aku suruh anak ini minum Betadin trus perutnya tak kompres pake hansaplas seh... Gak gaul deehhh....

Aku bingung nyari temenku yang lebih siap menghadapi peristiwa seperti ini. waktu itu aku cuma ketemu Ephi. temen seangkatanku yang otaknya lebih encer dari aku. aku di kasi tau kalo di sekertariat kayanya obat maag habis, aku disuruh ke apotik 24 jam nyari obat maag. baru aja ke sekertariat mau ambil kunci motor, eee.... tu rombongan yang panik tadi masuk ke sekertariat sambil bopong anak yang teriak2 tadi. Ephi ada di belakangnya. Aku tanya dia katanya ni anak KESURUPAN.

"Walah..... Betadin sama Hansaplas bisa nyembuhin orang kesurupan gak phi?"
tanyaku panik. emang, kondisi seperti itu yang bikin otakku gak bisa bekerja secara baik dan benar. otak yang sistem kerjanya write and erase ini isinya cuma hal2 gak berguna. kapasitasnya juga gak lebih dari 3 lagu. cuma 10 megabyte.
"Ya gak lah.... gila aja..."kata dia makin panik ketika tahu temennya ternyata memiliki keterbelakangan mental.
"Trus aku musti gimana phi?"
"Wes.. pokoknya kamu diem aja. kalo gak tau musti apa kamu pura2 gak panik aja, daripada keliatan kalo kamu gak bisa apa2"
"Weleh... yawes deh."

ASSSEEMMMM.....Aku dikira gak bisa apa2. kenapa dia langsung tau kalo aku gak bisa apa2 seh. SIAL...!!! kartuku kebaca...!!! gak bisa JAIM sama mahasiwi yang lain deh...

Ephi, yang merupakan mahasiswi yang seimbang antara ilmu dunia dan ilmu agamanya mulai bertindak. dia membaca surat2 penting di dompetnya. ada surat tagihan utang, STNK, SIM, dan nota pinjem VCD bokep. YA GAK LAH....!!!! Dia mulai baca surat2 dalam Al-Quran yang gak mungkin aku inget. ada ayat kursi juga, surat pendek juga ada. pokoke dia keluarin semua jurus pengusir setan. Tapi anehnya tu anak masih teriak2 aja. gak ngaruh apa2. atau yang baca suratnya cuma satu orang kali ye...??

Temen2nya si anak teriak2 ini mulai mendekat dan menenangkan si Ephi yang mulai histeris karena gak mau dianggap kalah oleh setan yang nyurup di anak ini.

"Udah mbak ephi, biar kita aja yang sembuhin. mbak ephi duduk dulu aja" kata salah satu temen anak treak2 ini.


Semua temennya yang berjumlah lebih dari 10 orang ini mengelilingi anak yang kesurupan. semua bergandengan dan menunduk ke hadapan temennya yang kesurupan. salah satu dari mereka ada yang memimpin.

"Kami disini minta bantuan atas teman kami kepada Bapa di Surga. Selamatkanlah teman kami ini Bapa."

Acara tersebut dilajutkan dengan menyanyikan lagu2 rohani. Lagu2 Nasrani. Ternyata yang kesurupan ini Nasrani. Ephi kaget, dia pede aja baca2 surat2 panjang dan surat pendek. gak taunya dia gak Islam, melainkan Nasrani. Ephi malu bukan kepalang. dia cuma bisa Istighfar. dia salah Pasien. Walah...

Si anak kesurupan ini langsung tenang dan mulai tertidur lemas. badannya udah gak kejang2 lagi. gak teriak2 lagi. Teman2nya segera melarikannya ke rumah sakit terdekat. Kata temen2nya memang dia punya penyakit lambung parah, ditambah lagi sering telat makan.

Yang lainnya menambahkan, memang kalau kita dalam keadaan kurang sehat dan susah berkonsentrasi, kita mudah dimasuki oleh mahluk2 gaib.

Setelah kejadian itu kita semua belajar banyak hal :
1. Jangan melanggar pantangan yang ada di tempat2 angker
2. Kalau berada di tempat angker jangan melamun dan kurang konsentrasi.
3. Jangan meninggalkan rombongan sendirian.
4. Jangan Sok berani.
5. Dekatkan diri pada Tuhan.
6. Minta bantuan kepada orang yang lebih mengerti.
7. Kalau ada yang kesurupan, tanya setannya, agamanya apa biar bisa ditangani oleh Dokter yang tepat, bukan oleh Dokter yang salah Pasien seperti ephi ini.

Tidak ada komentar: