Kamis, Juni 12, 2008

Lagi Miskin Tapi Jalan2

Aku sempet berpikir, kok kayaknya masalah utama dalam kehidupanku adalah financial. yang namanya duit, di aku kok seret terus. tapi syukur alhamdulillah meskipun duit gak lancar2 amat, aku tetep bisa meluangkan hari2 untuk berlibur keluar kota. apalagi ke kota kesayanganku. Jogjakarta.

Waktu itu kalo gak salah inget bulan Desember 2005. aku dan temen2 ku menyempatkan diri untuk menikmati udara Jogjakarta. Ok.. aku ngaku deh, bukan liburan, tapi mengadakan kegiatan Fotografi yang ku koordinatori sendiri. kita semua ada 9 orang, 2 cewe 7 cowo. berangkat naik kereta SUPER EKSEKUSI dari Malang sampai Surabaya cuma 5000 per orang. sedangkan dari Surabaya ke Jogjakarta cuma 21000 per orang. murah kan? jadi kalo PP transport per orangnya hanya 52 ribu saja. plus peron setasiun paling2 cuma seribu duaribu saja. jadi total2 kalo dihitung, siapin 55 ribu buat PP aja udah cukup. itu diluar godaan makan di atas kereta lho ya..!!


Sesampainya di Jogja, kita segera cari tempat nginep. meskipun ga ada duit, tapi kita sisihkan uang untuk menginap mengingat kita juga bertanggung jawab terhadap temen kita yang cewe. Tempat nginapnya di daerah Malioboro. kita sewa tiga kamar saja bayarnya cukup 100 ribu per malem. murah kan?

Kegiatan Fotografi kita cuma Hunting gambar aja. mulai dari pagi sampai petang. malam untuk istirahat. tapi kebanyakan dipake buat jalan2 menikmati indahnya Malioboro.

Pada suatu malem, enam orang cowo diantara kita jalan2 keliling Malioboro sampai larut malem. kenapa enam orang? satu cowo gak kuat melek sampe malem. trus cewe dua ekor ini jelas tidur lah. tadinya kita cuma ngobrol nalor ngidul di depan gedung Bank Indonesia. di lesehan nasi kucing (nasi bungkus yang isinya sedikit dan murah. @ Rp 500,-). tapi ternyata nasi kucingnya udah habis, jadi kita ngopi2 aja disitu sampai jam 2 pagi. Akhirnya perut gak bisa kompromi. belum pagi benar perut udah berkokok. lalu ke enam manusia kelelawar ini memutuskan untuk mengelilingi jalan di sekitar hotel IBIS (aku lupa nama jalannya) sampai ke Malioboro lagi untuk cari nasi goreng.

Gile aje.. muter jalan itu janjangnya bisa sampe lima kilo gak nemuin penjual nasgor blas.. sampe jam tiga pagi. udah laper, lutut gemeter lemes kecapean jalan kaki. sampai kita belik lagi ke jalan Malioboro. Fiuh.. mata udah berkunang2 kayak musafir tersesat seminggu di padang pasir ga ada air. trus tiba2 kita lihat ada minimarket. aku gak yakin, jangan2 ini fatamorgana. aku kucek2 mataku malah berubah jadi lesehan makan dan minum. wah, jangan2 ini bener fatamorgana. gak taunya emang ada lesehan di depan minimarket. untung aja. mumpung ini malam terakhir di Jogja, kita manjakan dengan melek-an di Malioboro sampe pagi. dan kebetulan lesehan itu jauh dari kawasan warung penceklik dompet. jadi pasti gak mahal2 amat.

Buru2 kita pada menempatkan diri di salah satu tikar yang udah lebar digelar. beberapa dari kita dengan PeDenya teriak
"Nasgor ya mas.."
"Iya.. mas.. ada kan nasgor?" yang laennya nyambung,
"Ada mas.. silahkan duduk dulu.. nasgornya berapa?" kata mas2 yang jaga sambil menunjukkan lembaran berisi menu lesehan disitu.
kita semua shok lihat harganya. kita tau kalo di kawasan itu bebas dari harga mahal, tapi kalo baca harganya masih kelihatan mahal buat kantong yang udah gak banyak duit ini. pada waktu itu harga nasi goreng biasa kisaran 4ribuan, lha di lesehan itu sampe 2-3 kali lipatnya. walah.. bisa puasa di kereta api ini.

kita sepakat buat ganti menu. disitu ada menu mi instan dan nasi putih. akhirnya kita pesen 4 mi instan dan 3 nasi putihbuat ber enam. minumnya sendiri2 tapi tetep ada 1-2 orang yang numpang.

"Nasgornya diganti aja mas, mi rebus 4 nasi putih 3 ya. minumnya teh anget 4 aja." kata salah seorang temenku yang tadi kepedean berubah malu. Mi instan rebus dipatok harga 5 ribu, sedangkan nasi putih harganya 2 ribu. Pasti orang yang punya lesehan ini pengen buru2 naik haji. atau jangan2 penyajiannya pake piring emas
atau kompornya pake bahan bakar Avtur (Bahan bakar pesawat).
atau rebusnya pake air Zam-Zam yang musti ngambil di Arab. ASSEEMMM....!!!

Setelah sampai di penginapan, kita semua lebih memilih bangun siang. selain karena emang kita ngantuk berat, trik ini juga bisa buat irit makan. kebanyakan trik ini biasa dipakai untuk
beribadah di kala Ramadhan oleh anak2 malas.
"Tidurnya orang puasa kan ibadah.." gitu katanya.

Sore itu kita pulang naek kereta. dan selama di kereta kita cuma bisa makan lemper aja yang harganya seribuan. ini juga salah satu trik membohongi cacing2 yang ada di perut kami.

Yah.. meskipun duit akhirnya bener2 cekak, tapi kita bisa jalan2 ke kota seni dan budaya Jogjakarta. Hahahahaha....

Tidak ada komentar: