Sabtu, Juni 21, 2008

Hajatan di kebun Mawar

Yang namanya Ospek, itu pasti suatu pengalaman yang bikin kita takut sebelumnya. tapi kalo sudah dilalui, itu bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. bahkan bisa jadi pengalaman indah. Pasti banyak orang yang gak percaya sama aku kalau dia belum melalui proses Ospek sebelumnya. bener deh.. kalo pas Ospek itu seperti sebuah rekreasi dalam kemasan bentak2. tapi pastinya bentak2 itu bukan tanpa tujuan.

Ini adalah pengalaman langsung dari si "monyet", temenku. masih ingat si monyet kan? yang selalu bareng aku kemana2 menemani kejombloanku. Waktu itu monyet sedang menjalani ospek di kabupaten Malang. bukan di kotanya melainkan di perbukitan yang jauh dari perkampungan. Ospek si monyet berlangsung selama seminggu penuh. berada jauh dari perkampungan selama seminggu pada awalnya memang menyenangkan, tapi lama2 bisa jadi tidak mengenakkan. gimana gak enak, wong kalo mau pipis n be'ol musti bikin "FASILITAS" sendiri. beda dengan panitia. mereka yang mau ber-HAJAT-ria bisa diangkut dengan mobil menuju perkampungan terdekat, sedangkan MABA gak. betapa kejamnya dunia.

Waktu itu sudah hari ke empat. "Dodol"-nama samaran-korban kekejaman sang senior, udah mulai gelisah mengikuti setiap kegiatan ospek di tengah hutan. berkali2 dia curhat ke monyet tentang masalah yang dihadapinya. mereka saling menceritakan penderitaan satu sama lain. sama2 gak bisa ber-HAJAT2-an. Monyet, pemuda kurus dengan tinggi 170 cm ini merasa dirinya berubah. sedikit lebih gendut. Sedangkan Dodol, yang sebelumnya memang sudah melar badannya juga mengalami perubahan yang signifikan. badannya bertambah berat.

"Nyet.. Gimana ini? kalo gini terus, badanku bisa keracunan sama limbahku sendiri.." kata Dodol,
"Sama kaleee dol... tapi ada nilai positipnya buat aku. sekarang aku agak gendut-an. gak perlu minum susu penambah berat badan."
"Geblegh... itu bukan lemak yang bikin perut lo gendut..!!! ITU TOKAI LO NDIRI NYET...!!!"
"Lho emang beda ya..??"
"YA JELAS BEDA LAH NYEEETTT...!!!! ITU ISINYA RACUN SEMUA...!!! ISINYA SAMPAH DARI BADAN LO....!!!"
"Ooo... kirain dengan begini terus bisa bikin gendut. kan gue juga pengen gendut kayak lo."
"Pokoknya gue udah gak bisa menolerir perbuatan ini ke kita. GUE MUSTI BERTINDAK..!!!"
"BETUULLL...!!! SETUJU...!!! GUE DUKUNG LO DOL...!!! KITA MUSTI LAWAN TU SENIOR, BIAR TAU RASA DIA...!!!"
"APAAAA...!!!!! LAWAN SENIOR...??? Gile lo...!!! Lo mau di kebiri hidup2 sama senior2 lo itu? sapa yang bilang mau melawan Senior nyet..??"
"Lha lo tadi bilang katanya mau bertindak?"
"Iya.. tapi bukan mau lawan para Senior.. GUE BESOK MAU BUANG HAJAT. ntu.. di kebon mawar sebrang.. Lo mau ikut?"
"Oohh... kirain mau apa... Iye...iye.... gue ikut.. gue juga gak betah sama perut ini. gendut sih gendut, tapi mulesnya minta ampun.."

Akhirnya petualangan mereka telah sampailah pada saat yang berbahagia, dengan selamat sentausa, menghantarkan mereka ke depan pintu kemerdekaan, Apaan seh....
Memang, ospek waktu itu gak dikasih tau gimana caranya kita be'ol atau pipis. tiap kali maba tanya selalu saja gak dijawab sama senior. yang pasti mereka cuma bilang

"SEBAGAI CALON MAHASISWA MESIN, KITA DITUNTUT HARUS BISA MANDIRI. GAK BOLEH ADA KETERGANTUNGAN TERHADAP APAPUN. MASALAH INI HANYA MASALAH SEPELE. TINGGAL BAGAIMANA KALIAN BISA MELALUINYA...!!!"

Penjelasan singkat bin ajaib itu berkali2 di teriakkan oleh senior yang sok bisa melalui masalah krusial ini. ada perbedaan disini antara maba cewe yang jumlahnya dikit, bisa ikut ke toilet bareng panitia cewe. tapi tidak bagi cowok. kita sebagai cowok dituntut harus bisa lebih MALU. harus bisa kreatip untuk mencari solusi yang kruSIAL dan sangat SIAL ini.

"Ssstt..!!! Nyet...!!! lo siap gak beraksi..??"
"Heh..?? sekarang..??"
"Ya iyaaa lah... mau nunggu sampe perut lo makin meledak? ya sekarang.."
"Oke..oke... iya deh... aku ngikut aja..."

Kemudian dua makhluk gaib ini minta izin untuk bisa meninggalkan acara sebentar. izin pipis. Izin diberikan oleh panitia dengan syarat maba meninggalkan cocard supaya kalo hilang bisa diketahui berapa jumlah maba yang hilang dan siapa aja.

Monyet dan Dodol bergegas menuju kebun mawar terdekat. Dodol memimpin situasi tersebut atas Monyet.
"Gue duluan ya..!! tar gue kasi tau tempat dan caranya. lo tunggu disini aja. ok.."
"Iye...iye..."
"Jangan ngintip...!!!"
"Iyeee..... ogah juga gue ngintip lo..!!! ONDERDIL LO LEMAK SEMUA...!!!"
"Eh.. MONYET LO...!!!! udah, lo disini aja. gue duluan yak..!!!"

Dodol segera melancarkan aksinya. dia membuat lubang dengan bantuan batu dan kadang juga pake tangan. Lima menit berlalu, bau sampah sudah menerjang hidung si Monyet.

"Nyet... Sekarang giliran lo.. heeehehehe....!!" kata Dodol sambil menyunggingkan senyum kemenangan.
"ANJRIT.... JANGAN PEGANG2 GUE NAPA... ABIS LO PAKE CEBOK KAN...??"
"Udeee... jangan berisik. No di sono no ada lubang. udah gue buatin buat kite boker. ceboknya lo pake daon aja trus kasih mawar pas terakirnya. biar harum booo.. Pantat gue aja sekarang bau mawar, lo mau cium..??"
"ANJRIT..!!! Yaudah... gue berangkat perang dulu."

Monyet segera memasuku medap peperangan. dengan halauan duri2 mawar, dia tetap tak gentar melaluinya. dengan semangan membulat, akhirnya dijumpailah bunker tempat persembunyian sang musuh.

"ANJRIT...!!!! DOL.... INI ADEK2 LO SEMUA YA..?? BANYAK AMAT...!!! KAMPREEETTT...!!!!"
"UDEEEEE.... BOKER AJA SONO.... OH IYA JANGAN LUPA... KALO UDAH SELESEI, LO KUBUR YA PASUKAN KITA.... HEHEHEHE...!!!!"

Kegiatan
HAJAT-mengHAJAT tetap berlanjut, meskipun dihadapkan kenyataan bahwa Monyet jongkok diatas "ADEK2"nya Dodol. Baru beberapa menit berlangsung, suasana yang hening berubah kacau karena ternyata ada petani mawar yang sedang petik bunga. Monyet segera NGEDEN biar adek2nya buruan keluar semua, tapi terlambat. si petani udah memergoki Monyet sedang jongkok diatas penderitaan adik2nya.

"Banyak banget mas...!!! lama ndak dikeluarin ya?" kata petaninya kalem,
"Eh.. anu.. bu.. bukan... ini tadi punya temen saya juga kok. kita gantian.." jawab Monyet kelabakan,
"Kok susah2 bikin tempat E-Ek mas? biasanya yang ospek disini pipis dan E-Eknya di sungai belakang kebon. tapi ndak pa2 kok mas. itung2 nambahi pupuk. silahkan dilanjutkan mas.. saya mau metik dulu."
"Heh... eh.. i..iya pak... makasih...!!"

Monet udah terlanjur malu. mukanya udah merah. Dodol gak tau kalau temannya sedang dirundung duka atas tercorengnya muka oleh kebodohan mereka.

Setelah peperangan di medan mawar, dan sempat terjadi sedikit pertikaian antara Dodol dan Monyet beberapa menit, akhirnya mereka kembali ke kegiatan ospek. Setelah kejadian tersebut, mereka belajar satu hal dari ospek waktu itu.
KOMUNIKASI antara sesama maba yang lain itu penting. jangan cuma beraninya ngobrol sama orang2 yang dikenalnya saja. Maba yang lain melaksanakan HAJATAN mereka di sungai belakang kebon seperti yang diceritakan bapak petani mawar kok. cuma mereka aja yang gak gaul. gak tau apa yang lagi ngetrend dalam hal HAJAT-mengHAJAT waktu itu.

Tidak ada komentar: