Senin, Juni 23, 2008

the Monyet's Story

Alkisah si monyet dipertemukan dengan pasangan hidupnya. Beberapa malam sebelumnya Monyet bermimpi bakal ketemu dengan kekasih idamannya, Sepeda Motor Kawasaki Ninja RR. Weleh... muluk2 amat cita2nya. Tapi kekasih hatinya yang datang tak jauh beda dari impiannya. Sama2 roda dua dan nyalainnya pake kunci kontak. Supra Fit, kekasihnya datang mengisi hari2 Monyet yang sepi.

Hari2 si Monyet sekarang berbeda. Dari seorang Sun Go Kong yang kemana2 jalan kaki menjadi Sun Greng Greng. Kemana2 sekarang dia naik motor.

“Tong... mulai sekarang kita akan selalu bersama melalui hari2 baik suka maupun duka ya tong...” kata Monyet,
“Greng-greng...!!!” Jawab Otong, sang Supra Fit.

Otong, kekasih hati si Monyet selalu mendampingi hidup. Panas, hujan, becyek, ga ada ojyek, si otong selalu ada di sisi si monyet. Kemudian datang kekasih hati monyet yang baru, namanya Gara the Raincoat. Jas ujan yang robek ketek dan pundaknya ini ikut mengisi hari2 Monyet dan Otong.

Jadi pihak ke tiga memang gak mengenakkan. Gara sedih, Gara hanya bisa menemani Monyet dan Otong hanya dikala hujan turun. Selebihnya Gara hanya terdiam di dalam jok Otong. Kasih sayang Monyet memang masih lebih besar kepada si Otong daripada ke Gara. Namun semua itu berubah ketika si Gara menjadi salah satu sahabat terbaik ketika Monyet berkenalan dengan kekasih yang sebenarnya. Panggil saja si Dlongop, kembang Duren yang harum baunya.

Monyet dan Dlongop berkenalan ketika si Dlongop kehujanan di sebuah kursusan tempat Monyet juga menuntut ilmu. Monyet menumbalkan Gara supaya melindungi si Dlongop dari guyuran hujan. Dlongop sangat senang atas sikap sok kesatria Monyet. Dlongop ngangguk2 aja disuruh bawa Gara yang pundak dan keteknya robek. Akhirnya Dlongop selamat sampai kost dan perkenalan dilanjutkan sambil sms.

Seminggu kemudian, Waktu itu hari Kamis, Monyet cengar-cengir sambil garuk2 mengingat badan si monyet banyak kutunya.

“Bay.. lo jangan marah yak...”
“Knapa emangnya nyet..??”
“Gue jadian sama si Dlongop...Huahahahaha...”
“Ya.. Selamet deh nyet...” Hatiku remuk, satu lagi pejuang Jomblo gugur dalam buaian wanita. Sekali lagi aku menyanyikan lagu gugur bunga sebagai tanda gugurnya pejuang kejombloan.

Hari2 aku beda rasanya. Semua jadi sepi. Monyet lebih sibuk memperhatikan Dlongop dari pada aku, (yaa... iyaaaaalaaahhhhh... secara Monyet cowo, aku juga cowo...). sampai pada akhirnya Malem minggu aku sendiri dirundung sepi. Tak ada yang menemani. Ingin bunuh diri tapi takut ada polisi, HALAH...

Minggu pagi aku di telpon monyet.

“Bay.. lo dimana?”
“di Batu nyet...!!! napa?”
“ke Jatim park  yuk Bay..!!”
“GILEE LOOO....!!!, lagi ga ada duit nyet.. MISKIN....MISKIN....!!!!”
“gue bayarin separo deh... ikut yak...!!! penting ini..!! PENTING...!!!! Demi gue Baaayyyyy...!!! Huaaaa.....”
“Iyaaa... iyaaa..... ma sapa aja?”
“Dugong ngikut Bay...”
“Ok.. aku langsung nyusul dari sini aja ya Nyet..!!”
“Ok.. kita berangkat sekarang..”
Tuuutt...!!!! telpon diakhiri.

Jatim Park ada di kota Batu, jadi aku bisa langsung ke sono tanpa perlu bareng Monyet dan Dugong.

Di Jatim Park Monyet pengen bersenang2. Pokoknya dia seolah pengen melupakan sesuatu. Dia gak mau cerita, sampai akhirnya pas mau pulang dia cerita. Dia putus sama Dlongop. WELEH.... Dengan segera aku sodorkan formulir pendaftaran club PANTI JOMBLO kembali.

“Selamet Datang di perkumpulan PANTI JOMBLO kembali sobat... Hehehehe...!!!”

Selidik punya selidik, ternyata Monyet hanya dijadikan batu loncatan saja oleh Dlongop. Yah... emang nasibnya Monyet tetap harus berada dalam lingkaran kejombloan bareng aku.

Beberapa bulan berlalu, kenyataan pahit kembali menghantui Monyet. Sebuah telpon yang mengejutkan oleh sang kakak.

“Nyet, motor gak bisa gue lanjutin kreditnya, jadi mungkin bentar lagi tu motor diambil Dept colector.”
“Walah..lha idup gue gimana tanpa motor?”
“Ntar gue kirim motor abang yang lama. Lo tenang aja.”
“Motor yang lebih banyak koyo-nya ketimbang spare partnya itu ya?”
“Iye... udah deh.. lo tenang aja. Ni telp abang tutup ye.. Wassalam...”

Wah... sebuah kenyataan pahit. Setelah kehilangan Dlongop, monyet harus kehilangan kekasih hatinya yang lain, Otong. Otong musti pindah tangan karena kredit macet. Otong harus digantikan oleh motor lama yang buanyaak setikernya ketimbang spare partnya. Monyet harus rela Otong di adopsi keluarga lain yang lebih mampu. Otong menjadi saksi bisu perjuangan Monyet menaklukan Dlongop. Otong yang setia mengantarkan Monyet ke mana2. Ya Cuma Otong-lah yang rela berkorban demi Monyet. Dan sekarang giliran Monyet yang harus rela berkorban demi Otong. Demi kehidupan Otong yang lebih layak kelak.

Dept Colector datang, Monyet mengantarkan Otong ke daeler untuk minta tanda terima. Sebelum perpisahan, monyet sempat berpesan kepada Otong,

“Tong... Baek2 ya sama keluarga baru.. Jangan nakal... Jangan terlalu capek, ntar sakit. Kalo sakit telpon gue ya Tong. Tong... jangan lupain gue ya Tong... Baek2 di jalan, semoga jadi Otong yang pinter, berbakti dan berguna bagi nusa dan bangsa. Amin... Dadah Otong.. Gue pulang dulu yak...”


Monyet melepas kepergian Otong sambil berlinangan air mata. Meskipun dia harus berpisah dengan Otong, tapi dia gak mau berpisah dengan Gara. Dia bawa Gara dan helemnya pulang. Monyet aku bonceng dengan perasaan yang sedih, kacau balau, gelisah, gatal2, demam, kemudian ngigau gak jelas trus pingsan, HALAH.... cuma sedih aja, gak sampe pingsan.

Monyet kemudian mengadopsi Otong baru. Seekor ikan mas koki yang dibelinya di pasar ikan. Motor yang dijanjikan Kakaknya belum kunjung ada berita. Hanya Otong baru yang masih setia menemani Monyet.


Monyet, the Otong's Rider


Sampai sekarang Monyet masih terdaftar sebagai member PANTI JOMBLO yang didirikan hanya bertiga. Mengingat kambing, salah satu member senior lebih duluan resign dan Monyet sempat juga resign, dan cuma aku yang tersisa, maka aku terpaksa mengangkat diri menjadi ketua dari PANTI JOMBLO.

Tidak ada komentar: