Rabu, Juni 11, 2008

Jodoh gak Jodoh

Pernah gak ketemu dengan seseorang di atas bis dengan seseorang yang menurut kamu adalah jodohmu? kalo aku sih sering. tiap ketemu wanita cantik baik itu di bis maupun bukan, aku selalu merasa cewe itu adalah jodohku. sayangnya cewe tersebut belum tentu merasa berjodoh dengan aku. hiks..hiks..

Waktu itu aku dalam perjalanan menuju kota Bandung dari Cirebon. aku letakkan tas di tempatnya. dan hanya satu hal yang aku bawa, Novel karya penulis "BODOH" Raditya Dika berjudul BABI NGESOT. biar gak bosen diperjalanan aku bisa sambil baca2 hal2 bodohnya.

Waktu berangkat pukul setengah lima sore. aku berada di kursi paling depan dekat pintu. baru beberapa kilometer bus berangkat, ada beberapa penumpang naik. salah satu dari penumpang tersebut adalah seorang cewe manis berjilbab. sekilas mirip mantanku. (hiks..hiks.. inget lagi deh.. KAMRET..!!)

dia duduk persis di sebelahku. tempat duduknya cuma berisi dua. jadi bisa romantis. langsung aja aku merasakan sesuatu hal seperti biasanya. aku merasa berjodoh dengan cewe tersebut. hehehe...

langsung aja aku pasang aksi tutup novel trus sedikit cari perhatian dia. kebetulan bis menghadap ke barat, jadi sinar matahari langsung membakar asmara..halah.. membakar tubuhku. silau boo..

"Kayaknya salah tempat duduk ya..?" aku mulai cari perhatian.
"Maksudnya?" kata dia,
"Iya.. salah tempat duduk ya kita?"
"salah? maksudnya mas?"
"Silau disini. jadi panas deh.."
"Silau..?? Panas..?"
"Iya.. tuh silau banget kan?" sambil aku tunjuk kaca depan,
"Kalo silau itu gak bisa lihat mas, kalo panas itu urusan laen.."
"wew.." salah strategi aku.

Aku kembali membaca Novel bodoh yang aku bawa. aku sengaja cekikikan agak keras buat curi perhatian dia. dia cool aja kayak kulkas. gak bergeming. bibirnya maju kayak boring sama bualanku.

"Boring mbak? mau baca?" aku tawarin novelku.
"Makasih mas. udah gak kelihatan kayaknya, udah jam segini."
"kalo kelihatan gak nya itu gara2 lampu mbak, bukan gara2 jam."

Dia mulai mesem, tapi gak tau gara2 gombalanku atau pengen kentut.

aku mulai baca lagi, sambil cari cara biar bisa kenalan.

"Ke Bandung mbak?"
"Jatinangor.." jawabnya singkat banget, takut pulsanya abis kali yee..
"ooww.. deket ya dari Bandung?"
"Deket."
"Banget..??"
"Mayan.."
weleh.. ni anak kayaknya type cewe irit. irit tenaga buat ngomong. berbakat jadi pengirim telegram.

"Bener mbak gak mau baca novel? lucu lho biar gak boring.." lanjutku, gak taunya gambar Raditya Dika yang tadinya senyum jadi mrengut. manyun melototin aku.

"Eh.. gebleg...!!! ngapain lo beli buku kalo lo pinjemin tanpa bayar?" kata Dika di cover novel,
"Heh..?? knapa emangnya?" kataku,
"biar dia beli aja DODOL..!! kasih tau aja kalo di Gramedia ada. harganya 25 rebu."
"Komersil amat..!!"
"Ya iyaa laahhh.. biar Royaltiku nambah dodol..!!"
"yee..!!"

langsung aja aku mlengos dari cover novel itu n tetep aku follow up tu cewe pake novel itu.

"Gak mas.. makasih.."

kayaknya dia juga gak bisa baca. aku manyun. Novel aku dudukin. gak jadi baca. biar Dika bau pantatku gara2 kebanyakan ngomel.

"Mbak kuliah di mana?" lanjut aku gak mau nyerah,
"Jatinangor."

weleh. irit lagi jawabnya.

"Aku turun Bandung mbak. mbak Jatinangor ya?"
"Oh..Bandung. setelah saya mas."

aku yakin, jawaban tadi pasti habis pulsa banyak.. hehehe..

"Aku baru pertama kali ke Bandung, jadi maap kalo banyak tanya."
"Oh.. pantes.."

Perjalanan jadi dingin gara2 deketku ada kulkas. gak ada percakapan selanjutnya. sampai pada suatu kota. namanya Sumedang. Bis kita berhenti di satu tempat. banyak yang turun. tapi di bis tadi gak ada fasilitas tiket makannya.

"Bisnya emang berhenti di sini ya mbak?"
"Oh.. ini Sentra tahu sumedang mas. berhenti sebentar sekitar 20 menit."
"Oh.. tahu Sumedang."
"Gak coba beli mas?"
"Oh.. iya, boleh deh. aku turun bentar ya."

akhirnya aku turun sebentar. duit 20 ribu aku setorin ke penjual tahu.

"Jadikan dua bungkus ya." kataku ke penjual tahu.

niatnya satu buat aku, satunya buat mbak yang belum sempet aku tahu namanya tadi. trus aku beli minum sebotol. langsung habis ditempat. maklum perjalanan jauh, unta aja butuh oase buat isi punuknya.

Aku naik ke bis lagi. trus duduk manis di kursi bis. basa-basi dilanjutkan.

"Tahu mbak..!!" aku tawarin sebungkus buat mbak sebelahku.
"Makasih mas. aku udah sering makan tahu sumedang kok."

aku masih gak percaya. mukanya gak mirip tahu sumedang, pasti jarang makan tahu sumedang. atau jangan2 dia takuk kalo mukanya jadi mirip tahu sumedang? atau lagi jangan2 dia takut kalo aku kasih guna2 ke tahunya? gimana mau aku kasih guna2, aku sendiri aja gak tau apa aku berguna.

tahu aku taruh di tepi kursi deket jendela. perjalana dimulai lagi. suasana jadi semakin mirip dalam kulkas. tiba2..

"Pertama kali ke bandung mas?" dia bicara..
"Mm.. i..iya.. ada apa mbak?"
"Liburan?"
"Iya.."
"Di bandung ada kenalan? nginep dimana?"

weh.. dia mulai nggoda aku pake tanya nginepku segala.

"Ada yang jemput di bandung?" lajut dia,
"Ada.. nginep di tempat temenku yang jemput itu mbak."
"oo.. sukur deh, kirain nginep di penginapan. bisa habis duit banyak. dan belum tentu bisa jalan2 kalo gak pake taksi. kan belom tau jalan."

wah.. kirain dia godain aku pake tanya nginepku.

"Asli Jatinangor mbak?" sambutku,
"Bukan, saya dari Surabaya. kalo mas?"
"Malang. saya dari malang mbak."
"Kuliah di Malang?"
"Iya.. Arsitektur. Kalo mbak?"
"Psikologi. di Jatinangor."

Wah.. ternyata dia calon Psikopat. terbukti kuliah Psikologi dan ngomongnya juga dikit banget. kayak pembunuh berdarah dingin.

"Udah skripsi?" tanyaku kelepasan,
"Ini lagi skripsi."
"Wah mau lulus dong"
"Iya. Amin.." dia jawab sambil senyum manis. "Kalo mas juga mau lulus?"
"Iya.. mau lulus." jawabku agak asem. aku paling gak suka ditanyain hal ini.
"Skripsi dong?" lanjut dia,
"Belum."
"Kok belum? katanya udah mau lulus?"
"Iya mbak.. maunya lulus, tapi belom boleh skripsi. Oh iya, nama saya Bayu." aku menjulurkan lidah mau kenalan.. maap salah ketik. aku menjulurkan tangan mau kenalan.
"Nissa.." jawabnya kalem dengan kedua telapak tangan disatukan. kayaknya dia gak bisa bersentuhan dengan pria. wow.. alim banget. gue bangeett... maksudnya tipe gue banget. kalo gue-nya sih gak alim2 amat.
"Takut batal wudhunya ya mbak? nanti bisa wudhu lagi kok habis salaman." lanjutku,
"maap mas.. bukan muhrim.."
"Oh.."

perjalanan sudah memasuki Jatinangor. dia bersiap mau turun. aku mulai panik. satu kesalahan terbesarku adalah...

"Bisa minta no HP mbak?" dengan PeDe aku ambil HPku siap2 catet no HP dia.
"Maap mas.." sambil senyum dia tolak. meskipun senyumnya manis, tapi hatiku teriris. dia turun bis.

Kesempatanku untuk berjodoh dengan dia hilang begitu saja didepan mata. aku belum tanya banyak hal termasuk alamat dan nama orang tua buat aku hapalkan ketika ijab kobul nanti. ARRGGHHH....!!!!

aku yakin berjodoh dengan dia, tapi dia sangat yakin kalau dia gak berjodoh dengan aku.

Oh.. mbak nissa.. kamu lewat begitu saja. gak mampir blas di hati, cuma noleh aja.
lalu sampai di Cicahem. terminal Bandung. aku turun dan dijemput temenku sambil menangis. aku sedih sekali, tahu sumedang yang aku beli 20 ribu dan belum sempat aku senggol blass.. ketinggalan di kursi bis.
Oh.. Tahu Sumedangku.. Oh dua puluh ribuku...

ternyata kata JODOH memang masih jauh dari aku, bahkan dengan Tahu Sumedang

Tidak ada komentar: