Selasa, Juni 10, 2008

Pensi Sekolah

Pensi atau kependekan dari Pentas Seni yang bisa diadakan sekolah2 setiap tahunnya. waktu itu aku kelas dua SMU. SMU di kotaku cukup terkenal karena se kota cuma ada SMU negeri ya sekolahku itu. kelas dua adalah masa dimana jiwa muda mulai memiliki kuasa. belum ada tanggung jawab EBTANAS dan memiliki kuasa atas kelas satu.

Pensi di sekolahku diselenggarakan bulan Agustus. Awal2 masuk siswa kelas satu. untuk bisa menarik perhatian anak2 kelas satu, aku menyepakati ajakan temenku bernama Ali untuk bertugas sebagai penggebug. Gebug drum dong. Ali sebagai lead Vocal, disusul Jati sebagai Bassist. lalu di sudut kiri ada Khoirul sebagai guitarist. lengkap 4 orang personel Band yang sepakat diberi nama ORA KLAM BAND, bukan ALI AND THE BLACKBOARD. sempet juga nama tersebut dilarang panitia sekolah karena namanya yang sedikit gak sopan. ORA KLAM BAND dalam bahasa jawa berarti tidak pakai baju. tapi nama tersebut akhirnya bisa dipakai.

Malam semakin larut, perasaanku kalut, gigi senut-senut, gara-gara ada yang ribut. apaan seh..
Malam pensi mulai digelar. hiruk pikuk manusia berjubel di sebuah lapangan sekolah yang terdiri dari satu lapangan Basket dan Satu lapangan Volley.

Dua jam berlalu hingga akhirnya masuk pada bagian hiburan yang diisi oleh Band-band paling terkenal se sekolah ku. ORA KLAM BAND mendapat jatah manggung ke tiga. harap2 cemas mulai menghantuiku. gimana gak cemas, ketiga personel yang lain belum pada nongol dari tadi.
ada yang bilang Ali cs ada di kamar mandi. lagi mabok bareng.

gile aje.. berangkat ke pensi naek angkot? heran aja, gak pernah naek angkot kok nekat naek angkot. ya mabok deh.

aku akhirnya ke kamar mandi melihat keadaan mereka. ada Ali cs. didepannya banyak kacang kulit. eh buseett... ternyata Ali cs muntahnya kacang kulit..

"Baaaaayyyy... miiiinnnuuummm baaaayyy....???" kata Ali teler sambil menawarkan botol kecap merek rusia.
ternyata Ali cs mabok kecap campur kacang kulit. laen kali aku gak mau makan kacang kulit campur kecap. takut mabok.

"Kita gak jadi manggung ya li?" tanyaku,
"Eh.. jadi dongoooonngggg.... kan abis iiinniiiiii yaaaaa? teeeennaaaaanngg aaajjaaaaaa... awaasss kkaaallllooooo baaaataaaallllll....!!!!" kata Ali teler.

Asal tahu aja, Ali cs ini juga preman sekolahku. jadi menolaknya bisa menambah panjang daftar calon nasabah malaikat maut untuk malem ini.

setelah Ali cs mendekat panggung menunggu gilirannya, panitia panik, aku panik. takut kalo kepala sekolah tahu bahwa residivis sekolah tertangkap basah memiliki kelemahan, tak kuat makan kacang campur kecap.

akhirnya kita manggung. panitiapun sudah sigap dengan menyediakan bangku kelas sebanyak tiga buah di atas panggung. Ali cs duduk di bangku. aku duduk di kursi drumer. lagu dimulai, Ali nyanyi gak jelas blasss.... Gremeng2 mirip puluhan laler nemu tahi kucing. kepala sekolah histeris. mungkin gak kuat lihat band kesayangannya manggung.

kepala sekolah mendatangi salah satu panitia. kalo gak salah dia pengen disediakan waktu untuk membahas tour album kami yang baru. tapi membahasnya di ruangan kepala sekolah didampingi guru BP dan guru tatib.

selesainya manggung, Ali cs saling bopong. kayaknya pondasi mereka bertiga kurang kuat. badannya gloyoran kesana kemari gak jelas. kayak tulangnya dari karet. aku udah gak enak mau lanjutin pensi. bawaannya jadi BeTe. setelah diberi tahu salah satu panitia bahwa besok semua personel ORA KLAM BAND diharap menghadap kepala sekolah, aku langsung pamit ke Ali cs.

baru mau diajak ngobrol trus mau pamit, Ali udah JACKPOT di depan aku.
AASSEEEEMMM.....!!!! mulutnya bau Naga, muntahnya keluar kacang kulit sama nasi bungkus sore tadi. lauknya masih komplit lagi.


KAMPREEETTT.... what a bad night...!!!!

gak jadi tebar pesona ke anak kelas satu deh.

Tidak ada komentar: