Rabu, Juni 25, 2008

Gantungan

Aku sadar, aku termasuk dalam manusia LOW MEMORY TYPE. Banyak hal yang sering aku lupa. salah satu paling fatal adalah kunci sepeda motor. Hal paling utama yang aku lakukan ketika mendapatkan kunci adalah memberinya gantungan kunci (YAAA JEEELAASSS LAAAHHHH). Maksudku, gantungan kunci yang bisa membantuku mengingat apakah kunci sudah aku masukkan tas atau belum. gantungan kunci yang gak semua orang punya.

Pengalaman pertama adalah menggunakan gantungan kunci dari kaleng parfum. dulu aku pilih kaleng parfum spalding kecil. Gantungan ini sangat membantu. ketika kunci jatuh, bunyinya pasti "KLONTANG....!!!", gak sempet ilang deh. Tiap kali turun dari motor, kunci langsung inget aku cabut. masukin ke tas. itu terjadi setiap kali turun motor. aku jadi jarang ninggalin kunci di motor. Tapi lambat laun warna kaleng tersebut berubah karena kesenggol body motor. lagian kaleng parfum spalding juga agak berat. dan aku juga masih sering meninggalkan kunci di sepeda motor. jadi aku putuskan untuk merubah gantungan kuncinya.

Pengalaman ke dua adalah menggunakan gantungan kunci dari kaleng minuman birdi. tahu kaleng birdi? Kalengnya lumayang kecil dan ringan. tapi kuat seperti kaleng parfum, jadi gak mudah penyok. Hmmm... kalo masih belum tahu, anda tahu kaleng susu beruang? kaleng susu bear brand. nah... kalengnya sama seperti itu.

Pake kaleng birdi juga enak. selain lebih ringan, kalo jatuh suaranya lebih nyaring dari kaleng parfum. kaleng birdi juga gak perlu mengikut sertakan tutup karena memang gak ada tutupnya. gak seperti kaleng parfum spalding yang harus aku ikutkan tutup parfumnya biar lebih kelihatan komplit.

Beberapa bulan aku pake kaleng tersebut, aku juga jadi jarang meninggalkan kunci di sepeda motor. Tukang parkir di kampus juga jadi kenal sama gantungan kunciku. gantungan kunci kaleng Birdi. tapi ternyata memang otakku yang salah setelan atau kurang upgrade-an dari daelernya, aku tetep sering ketinggalan kunci. walah.. kalo terus begini aku masih gak ketolong sama gantungan ini. masih aja belum bisa mengingatkan aku sesering mungkin. akhirnya aku memutuskan mengganti gantungan kunci yang lebih gede. biar kalo turun motor mata selalu gak sengaja nglihat gantungan kunci. terpaksa jadi inget buat cabut kunci motor deh. ideku cemerlang kan? ya eyaaaa laaahhhhhhh...

Pengalaman ketiga menuntunku pada sebuah kaleng pengharum ruangan. namanya Bay Fresh. waktu itu kebetulan Bay Fresh-nya juga pas lagi habis. yang bikin aku tambah suka adalah kalengnya yang extra gede. selain kapasitasnya 600 ml, dia juga dapat tambahan gara2 promo. jadinya 600 ml + 120 ml. ada extra 20%. Wah... kebetulan yang amat sangat neh... yah terpaksa aku manfaatkan kaleng ini buat jadi gantungan kunci. pengerjaannya sama seperti pas pake kaleng Spalding. aku lubangi kalengnya dan tutupnya. maksudnya biar lubang kaleng dan tutup jadi satu pengait.

Pengerjaannya lumayan susah, mengingat kaleng dengan diameter lebih lebar jadi lebih lemah kalau dilubangi dengan paku dan dipukul pake martil, gak kaya si Spalding tadi. Tapi jerih payahku bisa tertebus tiga jam kemudian. aku mendapatkan sebuah gantungan kunci dengan panjang sekitar 30 cm.

Pagi harinya, aku masuk parkiran kampus.

"Wah.. ganti gantungan kunci lagi nih mas...?? masih kurang gede ya gantungan kemaren?" kata tukang parkir langganan. maksudku langganan selametin kunci motorku.
"Iya mas... masih sering ketinggalan." kataku,
"Bagus deh.. jadi gak lupa2 lagi."

Turun dari motor aku hampir lupa. tapi prediksiku benar, mataku tak luput dari kaleng segede Gaban yang nggandol di motor. ya gak lupa lagi deh. Motor berhasil aku kunci stang lalu aku tinggal. Masalah lain muncul. aku baru inget kalo tas-ku itu tas cangklong samping yang gak terlalu gede. cuma muat binder satu aja. wah.. kondisi seperti ini luput dari prediksiku. untung aja waktu itu lagi ngetrend-nya celana skater yang gedombrangan dan kantongnya gede2 juga. ya aku kantongin aja itu kunci. meskipun jadinya kakiku terlihan jadi gede sebelah, bodo amat...!!!

Tiap kali duduk, aku musti keluarin kaleng Bay Fresh. jadi pusat perhatian deh. Dikiranya aku petugas semprot nyamuk di ruang kelas. apalagi kalo pas keluarin kalengnya ternyata luput trus jatoh. "KLONTANG....!!!!!"

"WEIIIIZZZZ.... ADA BANCI KALENG BO' DI KELAS KITA....!!!!" kata salah satu temenku yang asal bunyi,
KAMPREEEETTTT...!!!!! aku dikira banci kaleng....!!!!

Pengalaman waktu itu jadi pelajaran berharga. karena gak ada tas lain akhirnya aku lebih memilih mengorbankan binder. yup... kalo kuliah aku gak bawa binder. cuma bawa kertas lipat.. HALAH... Maksudku kertas HVS dilipat. Hasilnya jelas ketebak, catetan jadi amburadul. begitu sampe rumah dan ada di kamar jadi gak bisa ngelacak mana catetan, mana tagihan, mana bungkus nasi. semua nyampur. ASSEEMMMMM....!!!!!

Tapi meski dalam kondisi tersebut, aku tetep coba bertahan, demi proses penyembuhan otakku yang notabene terbatas ini. biar bisa inget terus sama kunci motor dan jadi terbiasa nyabut kunci motor waktu turun. jadi kalo aku udah sembuh gak butuh lagi gantungan kunci gede2.

Baru satu bulan aku pake gantungan itu, lobang kunci mulai bermasalah. kontak jadi dol. kadang gak bisa dinyalain karena macet, kadang juga malah gampang nyalain tapi juga gampang lepas kuncinya. weleh....!!! Sempet malah pas sore hari aku pulang kampus, motor bener2 gak bisa dinyalain pake kontak. macet..cet...cet......!!! untung ada Drembis, si bengkel berjalan. Drembis bongkar bodi motorku trus nyabut satu kabel. dan tiba2 pas di stater... Jreng.....jreng......jreeennngg....!!!! AJAIB..... MOTOR BISA NYALA TANPA PERLU KUNCI KONTAK. Tapi tetep aja masalah muncul. MOTOR NYALA TAPI STANG MOTOR MASIH MIRING alias MASIH TER-KUNCI STANG. Walah...!!!!

Drembis masih mencoba yang terbaik untuk sobatnya yang lemot ini. dia patahin kunci stang dengan tenaga surya. maksudnya dengan di suap pake rokok Gudang Garam Surya. Kunci Stang patah. Stang bisa noleh ke kanan dan kiri. Drembis nyaranin ke bengkel dan ganti lubang kunci baru. Aku setuju.

Aku sampe di rumah dengan sehat wal afiat. cuman bengong aja gimana cara matiin ini motor. secara kunci motor ada di tas. gak nancep. Walah.... untung aja ada tetangga yang lewat dan nyaranin ngecilin baut di karburator. aku di tunjukin bautnya dan aku jadi belajar sesuatu. sesuatu banget deh pokoknya...!!!! aku jadi tau kalo karburator ada disitu dan baut yang ditunjukin tadi buat ngecilin gas.

Paginya aku ke bengkel. ganti lubang kunci. Cuma setengah jam kunci bisa diganti dengan yang baru. yang punya bengkel malah kasih kuliah. Padahal jadwal kuliah hari itu lagi libur. Weleh..

"Ini musti ganti gantungan mas...!!! kasian lubang kuncinya rusak keberatan gantungan."
kata yang punya bengkel. Aku ya nurut2 aja.

Sesampainya di rumah aku coba introspeksi diri (halah.. sok bisa introspeksi deh...) Kalo di itung2, gantungan gede malah tambah pusing.

1. Ke kampus jadi gak bawa buku catetan, cuma bawa kertas gara2 tasnya cuma muat gantungan cunci aja.
2. Catetan kuliah jadi amburadul.
3. Bodi motor jadi lecet2 gara2 beradu dengan kaleng.
4. Lubang kunci jadi rusak karena keberatan gantungan.
5. Kunci Stang patah karena gak bisa di buka.
6. Dikira banci kaleng kalo ketahuan bawa kaleng.
7. setelah dikira banci kaleng, Harga diri jadi turun.
8. Setelah harga diri turun, Jodoh jadi susah.
9. Setelah susah jodoh, bibir jadi sering memble kalo lihat orang pacaran.


Pokoknya banyak ruginya deh.

Akhirnya aku sadar satu hal. aku gak butuh gantungan kunci. yang aku butuhin cuma gantungan otak. biar kalo kemana2 otak-ku gak ketinggalan dan jadi inget terus sama kunci motor. Iya deh... kayaknya emang itu yang aku butuhin. Yes... Masalah terselesaikan. Masalah baru muncul, gantungannya di cantolin di otak sebelah mana...???

1 komentar:

orangpelupa mengatakan...

nama kita kok sama persis plek...........................

sama2 pelupa pula....................

jgn2 semua bayu bramantya pelupa lol